21
Agu
08

Pastikan Anggaran Pendidikan 20% Tepat Sasaran

JAKARTA, – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Mendiknas, gubernur, bupati dan walikota memastikan rencana anggaran pendidikan minimal 20 % pada APBN 2009 dapat mencapai sasaran yang tepat. Diharapkan, tidak ada lagi gedung sekolah dan fasilitasnya yang memprihatinkan.

“Saya ingin, mendiknas, gubernur, bupati dan walikota untuk memastikan, ke depan tidak ada lagi gedung sekolah yang memprihatinkan. Saya akan cek di lapangan bersama gubernur, untuk memastikan anak-anak kita aman dan bisa belajar dengan baik,” kata Presiden pada acara Peluncuran Buku Teks Pelajaran Murah di Istana Negara Jakarta, Rabu (20/8).

Dari pengalaman berkunjung ke daerah, kata Presiden, ada tiga hal yang dikeluhkan masyarakat. Pertama, harga buku yang relatif mahal serta sering gonta ganti. Kedua, gedung sekolah banyak yang tidak layak dan tidak aman.Terakhir, permintaan agar kesejahteraan guru bisa ditingkatkan. “Kebijakan buku murah tentu menguntungkan kita semua,” kata Presiden.

Meski anggaran pendidikan bisa tercapai 20% dari APBN 2009, Presiden meminta agar biaya rutin dan biaya manajemen lembaga pendidikan tetap efesien, tidak perlu ikut-ikutan dinaikkan. Presiden berharap masyarakat ikut mengawasi. “Masukkan ke SMS saya dan lakukan pengawasan jangan sampai ada penyimpangan,” katanya.

Presiden mengatakan, pendidikan menjadi prioritas kebijakan nasional baik oleh pemerintah pusat maupun daerah. “Saya mengajak seluruh komponen bangsa, pemerintah pusat, gubernur, bupati, walikota, lembaga pendidikan, swasta, pendidik, orang tua dan masyarakat bersinergi dan bersama-sama menyukseskan pendidikan,” kata Presiden.

Presiden meresmikan Peluncuran Buku Teks Pelajaran Murah bersamaan dengan peresmian Pembukaan Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika (IOAA) ke-2. IOAA akan digelar di Bandung mulai 20-27 Agustus 2008.

Sementara itu, politisi dari F-PKS Rama Pratama mengatakan, anggaran pendidikan 20% atau sekitar Rp 210 triliun harus dapat dipertanggungjawabkan. “Depdiknas dan Departemen Agama harus menyusun kesiapan dan dapat mempertanggungjawabkannya,” kata Rama.

Hal senada disampaikan politisi F-PAN Didik J. Rachbini yang meminta pemerintah untuk konsisten menjalankan anggaran pendidikan 20%. Didik mendesak anggaran itu dapat dilakukan berkelanjutan. “Jangan hanya menjelang pemilihan umum 2009, kemudian kedepan tidak lagi dijalankan,” katanya.

Sumber: Pikiran Rakyat, 21/08/2008


0 Responses to “Pastikan Anggaran Pendidikan 20% Tepat Sasaran”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Anda adalah pengunjung yang ke:

  • 25,400

Kalender

Agustus 2008
S S R K J S M
« Jun   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

%d blogger menyukai ini: